Kamis, 15 November 2012

Ruang Lingkup Transportasi


1. Sejarah Pertumbuhan Transportasi

sejak dahulu kala transportasi telah digunakan dalam kehidupan bermasyarakat, hanya saja alat yg dimaksud bukan seperti sekarang ini. sebelum tahun 1800 alat pengangkutan yg digunakan adalah tenaga manusia, hewan, dan sumbr tenaga dari alam. pengangkutan barang dalam jumlah kecil serta waktu yg ditempuh lama sekali.

antara tahun 1800-1860 transportasi telah mulai berkembang dengan dimanfaatkannya sumber tenaga mekanis seperti kapal uap, kereta api, yg banyak digunakan dlm dunia perdagangan.

pada tahun 1860-1920 telah ditemukan kendaraan bermotor, pesawat terbang, dalam masa ini agkutan kereta api dan jalan raya memegang peranan penting.

pada tahun 1920 transportaasi telah mencapai tingkat perkembangan pada puncaknya (mature), dengan sistem transportasi multi modal

dalam abad ke 20 ini pertumbuhan transportasi berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi mutakhir

2. pengertian transportasi

ada dua kategori dalam transportasi :
pertama : pemindahan bahan bahan dan hasil hasil produksi dengan menggunakan alat angkut
kedua    : mengangkut penumpang dari suatu tempat ke tempat lain

transportasi adalah : kegiatan pemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain.
terlihat ada dua unsur penting yaitu : pemindahan/pergerakan (movement) dan secara fisik mengubah tempat dari barang (komiditi) dan penumpang ke tempat lain

Sehingga dengan kegiatan tersebut maka terdapat tiga hal yaitu adanya muatan yang diangkut, tersedianya kendaraan sebagai alat angkut, dan terdapatnya jalan yang dapat dilalui

Pengertian lainnya dikemukakan oleh Soesilo, dalam buku Ekonomi Perencanaan dan Manajemen Kota. Jakarta. yang mengemukakan bahwa transportasi merupakan pergerakan tingkah laku orang dalam ruang baik dalam membawa dirinya sendiri maupun membawa barang2.


3. Fungsi transportasi
untuk menunjang perkembangan ekonomi yg lebih baik perlu dicapai keseimbangan antara persediaan dan permintaan jasa angkutan. jika penawaran jasa transportasi melebihi permintaannya maka akan menimbulkan persaingan yg tidak sehat dan yang menyebabkan banyak perusahaan transportasi mengalami kerugian dan akan menghentikan kegiatan, sehingga jasa transportasi berkurang dan menyebabkan ketidaklancaran arus.

pengangkutan berfungsi sebagai faktor penunjang dan pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi

4. faktor faktor ekstern yg bs mempengaruhi jalannya kegiatan perusahaan antara lain :
a. UU/PP-UU/Peraturan Pemerintah, merupakan faktor yg mempengaruhi terhadap pengelolaan usaha transportasi contoh UU lalu lintas dijalan raya

b. kebijaksanaan / pengaturan pihak pemda dan pempus, adalah kebijakan pemerintah mengenai pengadaan bis untuk umum

c. Pengaruh pemakai jasa (demand)
perusahaan angkutan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa jasa angkutan agar memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada pengguna jasa

bagi pemakai jasa yg diutamakan dalam soal pengangkutan adalah aman, teratur, tertib, memuaskan, cepat, serta menyenangkan.
tinggi rendahnya income/pendapatan suatu perusahaan angkutan (umpama angkutan antar kota) tergantung pada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

5. PERANAN TRANSPORTASI
    meliputi berbagai aspek :
a. aspek sosial dan budaya
dimana aspek sosial dan budaya merupakan kehidupan manusia dalam bermasyarakat  tdk lepas dari transportasi. dampak sosial lain dari transportasi adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan masyarakat.

b.aspek politk dan pertahanan
memiliki dua keuntungan yaitu :
 - transportasi dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan atar bangsa
 - transportasi merupakan alat unsur pertahanan dan keamanan
c. aspek hukum 
dalam pengoperasian dan pemilihan alat transportasi diperlukan ketentuan hukum berkaitan hak, kewajiban, dan tanggung jawab serta asuransi
d. aspek teknik
hal ini berkaitan dengan pengoperasian trasportasi yg harus menjamin keselamatan dan keamanan.
e. aspek ekonomi
dipandang dari sudut ekonomi makro pengankutan merupakan salah satu prasaran menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, dari sudut ekonomi mikro pengngkutan dapat dilihat dari kepentingan dua pihak yaitu pihak perusahaan pengangkutan (operator) yg memproduksi jasa angkutan yg dijual kepada calon pengguna angkutan utk memperoleh laba dan pihak pemakai jasa angkutan (users) pengankutan sbg salah satu dari arus bahan baku utk produksi dan distribusi barang yg disalurkan kepasar  serta kebutuhan pertukaran barang dipasar. agar kedua arus lancar maka jasa angkutan hrs cukup tersedia dan biayanya sebanding dgn seluruh biaya produksi.

6. manfaat transportasi
- manfaat ekonomi, sebagai sesuatu yg berkait dgn produksi dan distribusi masyarakat menggunakan sumber daya utk memenuhi kebutuhannya utk mencapai kenikmatan dan kenyamanan, karna itu masyarakat tdk berhenti berproduksi meskipun diketahui sumber alam tdk terdapat di semua tempat.
- manfaat sosial, pengankutan sangat membantu dalam menyediakan kemudahan : pelayanan utk perorangan atw berkelompok, pertukaran atw penyampaian informasi, perjalanan untuk rekreasi, perluasan jangkauan sosial, mempersingkat jarak tempuh  antara rumah dan tempat kerja.
- manfaat poltis dan keamanan, karna indonesia adalah negara kepulauan mengakibatkan pengangkutan menjadi penting, ada beberapa manfaat politis yg dapat berlaku diberbagai negara yaitu ;
a. pengangkutan menciptakan persatuan dan kesatuan nasional yg semakin kuat dgn tidak mengandalkan isolasi
b. pengangkutan menyebabkan pelayanan kepada masyarakat yg dapat dikembangkan lebih merata pada bagian wilayah suatu negara.
c. sistem pengangkutan yg efisien memungkinkan negara memindahkan dan mengangkat penduduk dari daerah yg mengalami musibah.
d. manfaat kewilayahan, artinya ada daya tarik di tempat tujuan dibandingkan tempat asal, yg diciptakan oleh komunikasi dan pengangkutan. kemudian mengangkut manusia atau barang dari suatu tempat yang lain, yg berarti mengubah nilai ekonomi manusia atau barang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar